tugas dasar pemasaran

TUGAS DASAR PEMASARAN

logo gunadarma

The Marketing Environment

(Lingkungan Pemasaran)

Nama dan NPM :

Fitria Kartika Mukti (22211930)

Nicky Raulika Andayani (25211158)

Novice Lebrie Sagilitany (25211246)

Kelas : 1EB04


Dosen Mata Kuliah : Dr. Aris Budi Setyawan

Lingkungan internal    :
kegiatan – kegiatan di dalam perusahaan yang dapat dikendalikan oleh perusahaan tersebut.

Lingkungan Eksternal :
pengaruh -pengaruh tidak langsung yang berada di luar kekuasaan atau kendali pemasar/perusahaan.

Environmental Scanning 

Internal Environment (Lingkungan Internal)

  • Struktur Organisasi
  • Budaya Organisasi
  • Sumber daya yang dimiliki perusahaan –> Keuangan, SDM yang ada, sarana dan prasarana fisik

Microenvironment (Lingkungan Industri)

  • Konsumen(perilaku,daya beli,profile lainnya)
  • Pemasok(suppliers)
  • Kompetitor(pesaing)
  • Kreditor
  • Serikat Pekerja (peraturan/kebijakan)
  • Pemerintah
  • Asosiasi,dll

Macroenvironment (Lingkungan Makro)

  • Peran Teknologi
  • Peran Aspek Ekonomi
  • Peran Sosiokultur
  • Peran Aspek Politik
  • Peran Lingkungan

Outcomes From External and Internal Environtmental Analyses

Examine opportunities and threats   Examine Strength and Weakness

Dalam tulisan kali ini, kami ingin memberikan contoh sehubungan dengan mata kuliah Dasar Pemasaran: Lingkungan Pemasaran. Dan untuk contoh kali ini kami akan membahas salah satu jenis usaha yang dikelola oleh kenalan kami, yaitu Toko Obat As-Syifa.

Analisis Lingkungan Internal

1. Ringkasan Profil

Toko Obat As-Syifa dibangun pada tahun 2008 yang dikelola oleh Bpk. Mudjahid dan Ibu Ratna (nama tersebut merupakan alias mengingat pemilik tidak ingin disebutkan identitasnya), di Tangerang dengan hanya dikelola oleh mereka berdua. Seiring dengan berjalannya waktu, Toko Obat mereka menjadi lebih dikenal oleh masyarakat dan sampai saat ini mereka dapat menafkahi 5 karyawan dan membuka sebuah cabang di kawasan Depok

2. Visi dan Misi

Visi: Menjadi usaha yang bermanfaat dan dapat dipercaya oleh masyarakat.

Misi: Meningkatkan mutu pelayanan di bidang farmasi, meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya kesehatan melalui pola hidup sehat, dan membantu semampu kami untuk menyehatkan masyarakat.

3. Produk

Toko Obat As-Syifa menjual berbagai macam produk yang beredar dipasaran, diantaranya:

  1. Jamu Instan
  2. Food Suplemen
  3. Vitamin
  4. dan obat-obat generik lainnya.

4. Price/Harga

Harga produk-produk yang dijual di Toko Obat As-Syifa sangat terjangkau oleh semua lapisan masyarakat.

5. Place/Tempat

Tempat atau lokasi Toko Obat As-Syifa terletak di Jl. Kayu Putih Raya No. 28 Tangerang, Indonesia.

6. Promotion/Promosi

Toko Obat As-Syifa melakukan promosi dengan cara:

·         Mengedarkan brosur ke perumahan-perumahan setempat.

·         Memberikan diskon.

7. Karyawan

Karyawan yang bekerja di Toko Obat As-Syifa telah diberikan training sebelumnya untuk meningkatkan kemampuan karyawan dalam memahami obat-obatan juga dalam hal pelayanan pada konsumen.

8. Public/Masyarakat Sekitar

Diharapkan dapat memberi kritik dan sarannya untuk mengembangkan pelayanan di Toko Obat tersebut.

     Analisis Lingkungan Eksternal

1.      Lingkungan Mikro (Microenvironmental)

a)    Pemasok

Toko Obat As-Syifa memperoleh produk dari Apotik terpercaya yang terletak di daerah Pamulang.

b)     Pesaing

Salah satu pesaing Toko Obat As-Syifa merupakan Apotik yang dibuka beberapa km dari lokasi Toko Obat As-Syifa.

c)    Pelanggan

Toko Obat As-Syifa telah memiliki pelanggan dari masyarakat kelas menengah kebawah karena harganya yang terjangkau dan lokasinya yang berada di dekat pemukiman masyarakat.

2.      Lingkungan Makro (Macroenvironmental)

a) Lingkungan Ekonomi

Besar kecilnya pajak yang dikeluarkan berdasarkan usaha yang dibangun sangat

mempengaruhi  maju mundurnya suatu usaha. Pajak yang dikenakan atas usaha ini berupa PPh.

b)    Lingkungan Politik

Setiap usaha diatur oleh undang-undang. Toko Obat As-Syifa membuka usaha sesuai dengan Peraturan Menteri Perdangangan Republik Indonesia Nomor: 46/M-DAG/PER/9/2009 Tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Perdagangan Republik Indonesia Nomor 36/M-DAG/PER/9/2007 Tentang Penerbitan Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP).

Kelebihan dan Kekurangan

Kelebihan

  1. Lokasi yang strategis membuat Toko Obat As-Syifa mudah ditemukan bagi konsumen yang menetap di daerah tersebut maupun orang-orang yang lewat.
  2. Harga yang terjangkau pada seluruh lapisan masyarakat.
  3. Kualitas yang terjamin membuat konsumen tidak perlu ragu akan mendapat produk tidak layak pakai.

Kelemahan

  1. Lokasi toko yang berada di pinggir jalan membuat debu mudah mengotori toko sehingga harus terus-menerus dibersihkan dan terasa merepotkan.
  2.  Sistem pencatatan pembelian masih secara manual terasa merepotkan karyawan dalam  menghafal item yang dibeli konsumen terutama saat toko sedang ramai sehingga kerap ada item yang tertinggal/tidak tercatat.

Peluang

Dengan telah didapatnya kepercayaan masyarakat, Toko Obat As-Syifa dapat melihat peluang untuk mengembangkan Toko Obat ini menjadi Apotik yang merangkap Klinik untuk masyarakat sekitar, dengan menjaga harga serendah yang kami bisa.

Ancaman

Salah satu ancaman bagi kami adalah dengan hadirnya Apotik baru, maka konsumen akan beralih padanya dengan asumsi bahwa Apotik pasti lebih baik dari Toko Obat. Oleh karena itu, kami harus bertindak kreatif dan inovatif agar dapat mempertahankan konsumen sekaligus meningkatkan usaha kami.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s